Sandeq, Jejak Maritim Suku Mandar

Mandar merupakan salah satu suku maritim yang mendiami provinsi Sulawesi Barat. Sulawesi Barat memiliki semboyan “dotta lele ruppu dari na lele di dolangang” yang berarti lebih baik hancur perahu daripada mundur dalam pelayaran. Semboyan tersebut menggambarkan betapa kuatnya budaya maritim suku Mandar. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari geografis Sulawesi Barat yang berada di pesisir selat Makassar. Suku Mandar bersama dengan suku Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan merupakan suku bangsa pelaut yang sangat tersohor.

Salah satu kebudayaan kemaritiman dari suku Mandar adalah perahu. Salah satu perahu suku Mandar yang paling terkenal adalah perahu Sandeq. Sandeq adalah Mandar dan Mandar adalah Sandeq karena Sandeq lahir dan diciptakan oleh suku Mandar. 

Sebelumnya perahu Sandeq memiliki nama perahu pakur, yakni jenis perahu bercadik yang masih kasar dan lebih lebar bentuknya. Pakur kemudian berevolusi menjadi Sandeq yang berukuran lebih kecil dan ramping dibandingkan dengan Pakur. Perubahan ini dilakukan untuk kecepatan, itulah sebabnya ukuran ideal sandeq adalah seperti jantung pisang jika dilihat dari muka.

Soal kecepatan, konon sandeq merupakan kapal tradisional tercepat di dunia. Sandeq juga merupakan ikon kehebatan Maritim suku Mandar. 

Sandeq merupakan warisan leluhur suku Mandar sebagai mata pencaharian, alat transportasi, perdagangan dll. Pada masa silam, orang-orang Mandar menggunakan kapal Sandeq untuk menangkap ikan, untuk sarana transportasi dari pulau ke pulau dan sebagai sarana untuk mengangkut barang dagangan dari hasil bumi. 


Filosofi yang terkandung dalam perahu sandeq adalah perahu sandeq biasanya di cat menggunakan cat putih. Warna putih bagi suku Mandar adalah warna suci atau menandakan kesucian. Sedangkan layar sandeq yang berbentuk seperti segitiga berperan sebagai penyeimbang dari dorongan angin yang mampu menerjang ombak besar.

Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  2. ayo daftarkan diri anda di 4g3n365*c0m :D
    WA : +85587781483

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia