Ratu Kalinyamat, Ratu Perkasa dari Jepara


@juristhegreat
Pintu gerbang Astana Mantingan dalam gaya gapura paduraksa Majapahit. Pintu gerbang ini merupakan pintu masuk ke makam Sultan Hadlirin, Syeh Siti Jenar dan Ratu Kalinyamat. Pada nisan makam terdapat relief Surya Majapahit karena Ratu Kalinyamat masih keturunan Majapahit dari Prabu Brawijaya yang menikah dengan Putri Tiongkok.

Dalam sejarah, Ratu Kalinyamat dikenal sebagai perempuan yang tangguh dan bersikap anti terhadap Portugis.

Pada tahun 1550 ia mengirim 4.000 tentara Jepara dalam 40 kapal untuk membantu Sultan Johor membebaskan Malaka dari Portugis.

Pasukan gabungan Melayu dan Jepara berhasil merebut sebagian Malaka. Namun Portugis berhasil membalasnya. Prajurit Jepara yang berhasil kembali ke Jawa tidak lebih dari setengah yang berhasil meninggalkan Malaka.

Ratu Kalinyamat tidak pernah jera. Pada tahun 1565 ia memenuhi permintaan orang-orang Hitu di Ambon untuk menghadapi gangguan bangsa Portugis dan kaum Hative.

Pada tahun 1573, sultan Aceh meminta bantuan Ratu Kalinyamat untuk menyerang Malaka kembali. Ratu mengirimkan 300 kapal berisi 15.000 prajurit Jepara yang dipimpin oleh Ki Demang Laksamana. Pasukan gabungan Aceh dan Jepara berhasil dipukul mundur oleh Portugis. Dari 15.000 prajurit yang dikirim Ratu Kalinyamat, hanya sekitar sepertiga saja yang berhasil kembali ke Jawa.

Meskipun dua kali mengalami kekalahan, namun Ratu Kalinyamat telah menunjukkan bahwa dirinya seorang wanita yang gagah berani. Bahkan Portugis mencatatnya sebagai rainha de Japara, senhora poderosa e rica, de kranige Dame, yang berarti "Ratu Jepara seorang wanita yang kaya dan berkuasa, seorang perempuan pemberani".

Ratu Kalinyamat merupakan salah satu tokoh dari Jepara yang sangat dihormati bersama dengan Raden Ajeng Kartini sang pahlawan pendidikan perempuan dan Ratu Shima sang penguasa kerajaan Kalingga yang paling adil dan makmur. 
.
📍 Desa Mantingan, Kec. Tahunan, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia 

Sumber:

  • Babad Tanah Jawi. Babad Tanah Jawi. 2007. (terj.). Yogyakarta: Narasi
  • De Graaf HJ, Pigeaud ThGT. 2001. Kerajaan Islam Pertama di Jawa. Terj. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
  • Hayati dkk. 2000. Peranan Ratu Kalinyamat di jepara pada Abad XVI. Jakarta: Proyek Peningkatan Kesadaran Sejarah Nasional Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan Nasional



Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  2. cuma di sini agen jud! online dengan proses yang sangat cepat :)
    ayo segera daftarkan diri anda di agen365 :)
    WA : +85587781483

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia