Topeng Emas Indonesia dari Era Jawa Kuno

Yavadvipa (Yawadwipa) atau pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki kekayaan sejarah dan peradabanperadaban yang luar biasa. Sejak sebelum masehi ,raja-raja Jawa telah menggunakan berbagai macam perhiasan emas untuk menunjukkan kekayaannya. Perhiasan emas tidak hanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, emas juga digunakan oleh sang Raja sebagai perhiasannya (perlengkapannya) menuju ke Nirwana (surga). 


Salah satu perhiasan/perlengkapan  yang digunaka sang Raja adalah Topeng yang terbuat dari emas murni. Topeng emas  untuk pemakaman telah digunakan oleh raja-raja Jawa sejak sebelum masehi, tradisi ini terus berlanjut di era Mataram Kuno sampai era Majapahit. Berikut beberapa topeng emas murni yang digunakan oleh raja-raja Jawa dalam proses pemakamannya. 

Era Sebelum Masehi - Awal Masehi 
Topeng pemakaman dari tahun 500 sebelum masehi sampai tahun 200 masehi. Topeng ini terbuat dari emas murni yang ditemukan di pulau Jawa, Indonesia. Saat ini topeng emas ini tersimpan di Yale University of Art, Amerika Serikat. Topeng ini merupakan topeng emas tertua yang pernah di temukan di Indonesia.

Era Mataram Kuno
Mataram Kuno merupakan salah satu kerajaan yang paling banyak meninggalkan artefak. Salah satunya adalah topeng emas untuk ritual pemakaman raja. Topeng di era Mataram teterlihat lebih tebal dari topeng di era sebelumnya. 
Sepasang topeng emas dari kerajaan Mataram Kuno. Tidak dapat dipungkiri bahwa kerajaan Mataram Kuno merupakan kerajaan yang sangat kaya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya candi yang dia bangun, serta penggambaran bangsawan Mataram yang sangat raya dan mewah di relief candinya. Selain itu, kekayaan dari Mataram Kuno juga tercermin dari ditemukannya berbagai macam artefak yang terbuat dari emas, seperti sepasang topeng emas ini. Kemungkinan topeng ini digunakan untuk upacara pemakaman yang berasal dari sekitar abad ke-8 sampai awal abad ke-9. Kedua topeng emas ini berasal dari Jawa Tengah.

Era Majapahit
Pemakaian topeng emas untuk pemakaman raja berlanjut di era Majapahit. Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terakhir di Indonesia yang menggunakan topeng emas sebagai bagian dari ritual pemakaman raja. Berbagai macam topeng emas di era Majapahit menunjukkan perkembangan dari topeng pemakaman dari era sebelumnya (Mataram Kuno). Hal ini bisa dilihat dari hiasan/ukiran yang ada di topeng pemakaman era Majapahit. 
Topeng pemakaman yang terbuat dari emas dari era Majapahit. Di bagian atas topeng terdapat ukiran bunga (?) dan di tengah dahi topeng terdapat urna (?). Topeng emas ini Berasal dari sekitar abad ke-14 yaitu ketika masa kekuasaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur. Topeng ini sekarang tersimpan di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia