Tari Janger, Tarian yang Diadaptasi dari para Petani Kopi

Penari Janger dari Nusa Lembongan-Klungkung, Bali (@dharta_muggle) 
Tari Janger merupakan salah satu tarian yang berasal dari Bali. Diciptakan pada tahun 1930-an, tapi kalau merujuk pada keberadaan Janger di banjar Kedaton di kota Denpasar, tarian tersebut sudah ada sejak tahun 1906. Janger adalah tari pergaulan muda mudi. Tari ini dibawakan oleh 10-16 penari yang berpasangan, yaitu kelompok putri (janger) dan putra (kecak). Mereka menari sambil menyanyikan Lagu Janger secara bersahut-sahutan. .

Musik yang menjadi latar belakang tari adalah gamelan batel atau tetamburan dan gender wayang.

Janger bermula dari nyanyian para petani kopi yang bersahut-sahutan, mereka menghibur diri untuk mengusir lelah dengan bernyanyi. Lirik lagunya diadaptasi dari nyanyian Sanghyang (sebuah tarian ritual). Jika dikategorikan dalam Tari Bali, Janger termasuk Tari Balih-balihan yaitu tarian yang memeriahkan upacara maupun untuk hiburan. .

Seiring perkembangannya, kini Janger juga dapat dibawakan oleh orang dewasa. Terdapat kelompok-kelompok tari yang anggotanya wanita dewasa yang berperan sebagai janger maupun kecak. Janger juga dibawakan dalam bentuk drama tari yang disebut Janger Berkisah. Kisah-kisah yang dimainkan antara lain Arjuna Wiwaha, Sunda Upasunda dan sebagainya.

Hingga saat ini tari janger menjadi ajang kenalan pemuda antar desa satu dengan desa lain. Karena berkembang di masing-masing komunitas, muncul jenis-jenis tari janger yang dibumbui dengan gaya tersendiri.




Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

  2. ayo daftar di agen365*com :D
    WA : +85587781483

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia