Kisah Panji di Candi Penataran

Pernahkah kalian merasakan sakit rindu? Seperti sakit rindu yang dialami oleh Dewi Sekartaji di relief Candi Penataran. 
Seorang gadis berambut panjang tergerai berbaring di dipan. Para inang menemaninya. Perempuan muda itu terlihat sedang sakit. Sakit rindu akibat terlalu lama berpisah dengan kekasihnya. .

Adegan berlanjut memperlihatkan seorang lelaki bertopi tekes, yang sering dikenali sebagai Panji, tengah duduk di bawah pohon memegang gulungan surat. Di depannya menanti seekor burung berjambul dan berparuh bengkok. Bentuknya mirip burung kakak tua berjambul. 
Burung itu kemudian terbang jauh melewati perairan yang luas. Paruhnya menggigit surat milik Panji hingga akhirnya berhasil tiba di hadapan perempuan yang tengah sakit rindu itu.

Melihat si burung, perempuan itu bangkit dengan gembira. Dia terima surat dari sang kekasih yang berada jauh darinya dengan penuh suka cita.

Tidak lama kemudian merekapun bertemu dan bermain musik bersama. 
Setelah puas bermain musik, mereka pun bercumbu dan memadu kasih bersama, tampak si gadis tengah dipangku oleh Panji. Di ujung relif, mereka tengah melakukan hubungan suami-istri. 

Relief ini merupakan salah satu cabang dari cerita panji yang terpahat pada abad ke-13 di kompleks Candi Penataran, Blitar, Jawa Timur. 

Cerita Panji merupakan salah satu karya sastra asli Indonesia yang menjadi fenomenal di Asia Tenggara, kisah cinta Panji hanya mampu ditandingi oleh kisah Cinta Ramayana di Asia Tenggara.

Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia