Dewa Indra Dalam Penamaan Wilayah dan Kota di Sumatra



Sumatra merupakan pulau terbesar di Indonesia yang secara keseluruhan masuk ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sumatra merupakan salah satu pulau terpenting dalam sejarah kuno Indonesia dan Asia Tenggara. Walapaun pada saat ini Sumatra mayoritas beragama Islam namun pengaruh kebudayaan Hindu masih melekat. Pengaruh Hindu di Sumatra dapat disaksikan melalui penamaan wilayah dan kota di Sumatra yang menggunakan nama-nama Dewa Hindu seperti Dewa Indra.

Dewa Indra merupakan salah satu Dewa dalam agama Hindu. Dewa Indra berpersn sebagai pemimpin para Dewa. Berikut nama-nama wilayah dan kota yang diambil dari nama Dewa Indra:

Indraparta, Aceh
Indrapatra merupakan salah satu kota pelabuhan kerajaan Lamuri. Dikota ini terdapat Benteng Indrapatra yang merupakan benteng kuno yang terletak di kabupaten Aceh besar dan merupakan salah satu situs penting peninggalan kerajaan Lamuri. Kerajaan Lamuri merupakan salah satu kerajaan awal di Aceh yang menganut agama Hindu. Nama Indrapatra diambil dari nama Dewa Indra. Benteng ini dibangun ditepian Selat Malaka untuk melindungi kerajaan Lamuri dari serangan musuh. Setelah Kerajaan Lamuri runtuh, benteng ini tetap digunakan oleh kerajaan-kerajaan Aceh selanjutnya seperti Kesultanan Aceh Darussalam. 

Indrapuri, Aceh
indrapuri merupakan nama salah satu kecamatan di kabupaten Aceh Besar. Indrapuri merupakan salah satu kota penting pada masa kekuasaan kerajaan Lamuri di Aceh. Indrapuri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti kota dewa Indra.

Indrapurwa, Aceh
Sama halnya dengan Indrapatra dan Indrapuri, Indrapurwa merupakan salah satu kota di era kerajaan Hindu Lamuri di Aceh. Nama kota inipun diambil dari nama dewa Indra. 

Kota Indrapura, Sumatra Utara
Kota Indrapura merupakan salah satu kota di kabupaten Batu Bara dan merupakan salah satu kota penting di Sumatra Utara bagian Timur. Kata Indrapura berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti kota Dewa Indra. 

Kesultanan Indrapura, Sumatra Barat
Kesultanan Indrapura merupakan salah satu kesultanan yang berpusat di Tanah Minangkabau, Sumatra Barat. Walaupun Kesultanan Indrapura merupakan kerajaan yang berlandaskan syariat Islam, namun nama kerajaan ini diambil dari nama Dewa Indra. Indrapura sendiri berarti Kota Dewa Indra/Negara Dewa Indra.

Kesultanan Siak Sri Indrapura, Riau
Kesultanan Siak Sri Indrapura merupakan salah satu kesultanan terbesar Melayu Riau. Pusat pemerintahannya berada ditepian sungai Siak yang terletak di kota Siak Sri Indrapura. Sama halnya dengan Kesultanan Indrapura, nama Kesultanan Siak Sri Indrapura diambil dari bahasa Sansekerta yaitu Siak Sri Indrapura yang berarti Siak negara/kota Dewa Indra yang gilang gemilang. 

Indagiri, Riau
Indragiri merupakan nama wilayah di provinsi Riau. Indragiri dibagi atas beberapa kabupaten yaitu kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu. Dalam bahasa Sansekerta, Indragiri berarti gunung suci Dewa Indra.

Puncak Indrapura, Jambi
Diwilayah barat Jambi, tepatnya di kabupaten Kerinci terdapat gunung Kerinci yang merupakan gunung tertunggi di pulau Sumatra dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Puncak gunung Kerinci dikenal dengan nama puncak Indrapura. Dalam bahasa Sansekerta Indrapura berarti kota Dewa Indra.

Kota Indralaya, Sumatra Selatan
Kota indralaya merupakan pusat pemerintahan dari kabupaten Ogan Ilir. Indralaya merupakan salah satu kota kabupaten terpenting di Sumatra Selatan karena senagiaj besar Fakultas Universitas Sriwijaya berada di kota Indralaya. Nama kota Indralaya diambil dari mitologi Hindu. Dalam mitologi Hindu, Indralaya merupakan surga tempat bersemayamnya Dewa Indra.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia