Arca Narashima yang Langka

 Arca Narashima dari Candi Ijo (@cagarbudaya.id)
Arca Narasimha yang ditemukan di Candi Ijo, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, pada tahun 1975. Arca Narashima merupakan arca yang sangat langka, bahkan satu-satunya jenis arca penjelmaan (avatara) Dewa Wisnu yang ditemukan di Yogyakarta bahkan Indonesia. Arca ini menggambarkan figur manusia berkepala singa (Narasimha) dalam posisi menghimpit dan membelah dada musuh.

Adegan yang digambarkan merupakan bagian cerita Narasimhaavatara, yang menggambarkan penjelmaan Dewa Wisnu sebagai manusia berkepala singa (narashima) dalam upaya untuk membebaskan dunia dan umat manusia dari kekejaman Raja Hiranyakasipu. Raja ini mendapat anuregah dari Dewa Brahma berupa kekebalan tidak dapat dibunuh, baik oleh dewa, manusia maupun binatang, pada malam atau siang hari, dan di dalam atau di luar rumah. Kesaktian tersebut membuat Hiranyakasipu sombong dan ingin menguasai dunia. Akhirnya Wisnu menjelma menjadi Narasimha dan berhasil membunuh Hiranyakasipu pada sore hari, di ambang pintu.

Narasimha juga melambangkan kekacauan yang muncul pada masa Kertayuga yakni awal periode klasik Jawa Tengah (awal berdirinya Kerajaan Mataram Hindu abad VIII-IX Masehi). Pemujaan terhadap Narasimha dimaksudkan agar kekacauan segera berakhir. Saat ini arca Narasimha disimpan di ruang koleksi Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta.




----- 
Sumber:
  • Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY

Komentar

  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia