Mitreka Satata Majapahit

Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar di Asia Tenggara. Kekuasaannya melebihi luas Indonesia modern. Kekuasaan dan kejayaan Majapahit terekam dalam berbagai kitab kuno, prasasti, hikayat, cerita rakyat dan arkeologi yang tersebar diberbagai negara.

Dalam kitab Negarakertagama disebutkan bahwa selain memiliki daerah Vasal (jajahan), Majapahit juga menjalin kerjasama dengan berbagai negara yang dianggap sebagai sahabat (Mitreka Satata). Pupuh ke 15 bait pertama kitab Negarakertagama menyebutkan negara-negara Mitreka Satata Majapahit yaitu:

Nahan / lwir niɳ deçantara kacaya de çri narapati, tuhn / taɳ synakayodyapura kimutaɳ darmmanagari, marutma mwaɳ riɳ rajapura nuniweh sinhanagari, ri campa kambojanyat i yawana mitreka satata.

Artinya:
Inilah nama negara asing yang mempunyai hubungan, Siam (Thailand) dengan Ayudyapura (Ayutthaya, ibu kota Siam), begitu pun Darmanagari (Nakhon Si Thammarat, Thailand), Marutma (Mottama, Myanmar), Rajapura (Ratchaburi, Thailand), begitu juga Singanagari (Songkhla, Thailand), Campa (Vietnam Selatan), Kamboja dan Yawana (Vietnam Utara) ialah negara sahabat.

Syanakayodyapura
Syanakayodyapura diterjemahkan sebagai Siam (Thailand) dengan Ayudyapura (Ayutthaya). Kitab Negarakertagama selesai ditulis pada tahun 1287 Saka (1365 Masehi) ketika Siam beribukota di Ayudyapura. Ayudyapura menjadi ibukota Siam dari tahun 1351-1767.
Darmanagari
Darmmanagari diterjemahkan sebagai Nakhon Si thammarat atau dalam bahasa Sansekerta disebut sebagai Nagara Sri Dharmaraja. Darmmanagari terletak di Segenting Kra, Thailand Selatan. Darmmanagari ditaklukkan oleh Siam (Thailand) pada abad ke 15.

Prha Borommathat Chedi, Nakin Si Thammarat, Thailand
Marutma
Marutma diterjemahkan sebagai Mottama. Mottanma dikemudian hari akan takluk oleh Burma (Myanmar). Mottama terletak di negara bagian Mon, Myanmar bagian Selatan. Mottama didominasi oleh etnis Mon yang merupakan salah satu etnis minoritas di Myanmar. .
Candi Kyaik Tan Lan, Mawlamyine, Mon, Myanmar (pinterest: Martha Cafaro)
Rajapura
Rajapura diterjemahkan sebagai Ratchaburi yang terletak di Thailand. Ratchaburi berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Ratch yang berarti Raja dan Buri yang berarti kota sehingga dalam bahasa Indonesia Ratchaburi berarti Kotaraja (Rajapura).
Wat Nahathat Worawihan, Ratchaburi, Thailand (chaiyasiyt.com)
Singanagari
Singanagari diterjemahkan sebagai Songkhla (Singgora). Songkhla takluk oleh Siam dan saat ini Songkhla menjadi salah satu provinsi di Selatan Thailand.
Wat Khlong Bplay, Hat Yai, Songkhla, Thailand (kornishkylie.com)
Campa
Campa merupakan salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Vietnam bagian Selatan. Hubungan antara Majapahit dan Campa terjalin dengan baik sehingga terjadi kawin silang antar kedua kerajaan. Dewi Darawati dari Campa menikah dengan Raja Brawijaya. Putri Campa menjadi salah satu orang yang berpengaruh terhadap penyebaran agama Islam di Tanah Jawa. Pada tahun 1471 Masehi Campa takluk oleh kerajaan Dai Viet dari Utara dan pada tahun 1832 Campa hilang dari peta dunia.
Candi Po Nagar, Na Thrang, Vietnam (Lonely Planet)
Kamboja
Sejak abad ke-7 Kamboja telah berhubungan dengan kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. Kamboja pada abad ke-12 pernah menguasai hampir semua wilayah Indocina. Bangunan paling terkenal di Kamboja adalah Angkor Wat.
Yawana
Yawana diterjemahkan sebagai Annam (Dai viet) yang merupakan salah satu kerajaan kuat di Vietnam Utara. Dai Viet dikemudian hari akan menaklukkan wilayah Campa dan Kamboja.
Peta Dai Viet dan Campa, Vietnam (historum.com)
Pengaruh Majapahit di Mitreka Satata
Sebagai salah satu kerajaan terbesar di Asia tenggara, Majapahit telah memberikan berbagai macam pengaruh di Asia Tenggara. Salah satu pengaruh dan budaya Majapahit yang masih terlihat di wilayah Asia Tenggara adalah kesusasteraan yaitu cerita Panji. Di Kamboja cerita Panji dikenal dengah nama Eyano sedangkan di Thailand dikenal dengan nama Inao. Kata Eyano dan Inao diambil dari tokoh utama pemeran Panji yaitu Raden Inu Kertapati. Pada tahun 2017 UNESCO menetapkan cerita Panji sebagai Memory of the World. Indonesia sebagai negara asal cerita Panji pada bulan Juni sampai Juli 2018 mengadakan festival Panji internasional di Bali dan Jawa Timur yang dihadiri oleh Kamboja dan Thailand.
Festival Panji/Inao di Bali yang diikuti 3 negara yaitu Indonesia, Kamboja dan Thailand . Tari Panji/Inao merupakan drama tari yang menceritakan tentang cerita Panji yaitu kisah cinta antara Raden Inu Kertapati (Panji Asmara bangun) dengan Dewi sekartaji (Putri Galuh Candra Kirana). Cerita ini berlatang belakang kerajaan Daha yang berpusat di Kediri, Jawa Timur. Cerita panji ini menyebar dari Jawa Timur ke Asia Tenggara pada masa Kerajaan Singasari dan Majapahit. Di Kamboja dan Thailand drama tari ini dikenal dengan nama Inao yang diambil dari pemeran utama cerita Panji yaitu Raden "Inu" Kertapati. . . Dalam kitab Negarakertagama disebutkan bahwa Siam (Thailand) dan Kamboja merupakan mitreka satata Majapahit (negara sahabat Majapahit). Pesona Indonesia 🇮🇩 . . Cc: @festpanji.id . #Indonesia #Nusantara #Bali #Panji #TariPanji #DramaPanji #Inao #CeritaPanji #Singasari #Majapahit #Thailand #Kamboja #Cambodia
A post shared by Indonesia Dwipa Jaya (@lacultureindo) on

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia