Indonesia sebagai Negara dengan Multi Etnis Terbesar dan Terbanyak di Asia Tenggara

ETNIS DAN SUB ETNIS DI KEPULAUAN INDONESIA

Kepulauan Indonesia merupakan kepulauan terbesar di dunia. Kepulauan ini terbentang diantara benua Asia dan benua Australia serta samudera Hindia dan samudera pasifik, sebab itulah pada zaman  Majapahit kepulauan ini disebut sebagai Nusantara (Kepulauan Antara). Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang diberkahi oleh berbagai macam bahasa, kebudayaan dan peninggalan sejarah. Hal ini tidak mengherankan karena kepulauan Indonesia dihuni oleh sekitar 761 suku bangsa dan 1764 sub suku bangsa yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan suku bangsa terbesar kedua di dunia setelah Papua New Guinie. Masing-masing suku bangsa yang tinggal di kepulauan ini memiliki bahasa, budaya dan sejarah yang berbeda-beda. 
Kepulauan ini pada dasarnya dibagi atas dua ras besar yaitu ras Austronesia dan Melanesia. Ras Austronesia tinggal dibagian barat kepulauan Indonesia, yaitu Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian Barat.
Sumatera 
Sumatera salah satu pulau terbesar yang ada di barat kepulauan Indonesia. Sumatera terdiri atas 10 provinsi dimana masing-masing memiliki etnis dan budaya yang berbeda dengan provinsi yanag lain. 
Aceh 
Provinsi Aceh merupakan provinsi paling utara di Sumatera dan provinsi paling barat Indonesia. Provinsi Aceh di dominasi oleh etnis Aceh sebagai etnis mayoritas disusul oleh etnis Jawa, Gayo, Aneuk Jamee, Alas, Kluet, Batak (Pakpak Boang), Lekon, Singkil, Haloban, Sigulai dan Melayu (Tamiang).   
Sumatera Utara
Sumatera Utara secara budaya terbagi atas Pulau Nias dan Tanah Tapanuli di pantai barat Sumatera Utara serta Tanah Melayu di pantai timur Sumatera Utara. Etnis Nias, Batak dan Melayu merupakan etnis asli Sumatera Uatra. Saat ini, Sumatera Utara didominasi oleh etnis Batak (Mandailing, Toba, Karo, Pakpak, Dairi, Angkola, Pesisir dan Simalungun) disusul oleh etnis Jawa yang datang dari pulau Jawa saat Belanda menjajah Indonesia, Nias, Melayu (Deli, Serdang, Labuhan Batu dan Langkat ) dan Minagkabau yang datang dari Sumatera Barat.  
 
Pakaian adat etnis Batak Mandailing (IG: ainunhanin dan Awan Potret)
Sumatera Barat 
Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sangat homogen yang didominasi oleh etnis Minangkabau (Bendang, Bodi, Caniago, Guci, Jambak, Kampai, Koto, Malayu, Mandaliko, Panai, Panyalai, Payobada, Piliang, Dalimo, Domo, Kutianyie, Mandailing, Pitopang, Singkuang, Sikumbang, Sipisang, Sumagek dan Tanjung). Selain itu terdapat etnis Mentawai, Batak (Mandailing) dan Jawa.
Riau 
Tanah Melayu Riau didominasi oleh etnis Melayu (Siak, Bengkalis, Pelalawan, Meranti, Indragiri dan Pesisir) disusul oleh etnis Jawa, Ocu (Kampar, Rokan dan Kuantan) Minangkabau, Batak (Mandailing), Talang Mamak, Akit, Banjar, Bugis, Sunda dan Nias.
Kapulauan Riau 
Kepulauan Riau merupakan daerah dimana kata Riau berasal. Kepulauan Riau didominasi oleh etnis Melayu (Riau, Lingga, Karimun, Anambas dan Natuna) disusul oleh Jawa, Orang Laut, Sakai, Batak, Bugis, Minangkabau, Sunda, Bugis dan Banjar. 
Jambi 
Provinsi Jambi menyimpan berbagai macam peninggalan budaya kerajaan Melayu. Jambi saat ini didominasi oleh etnis Melayu (Jambi, Sarolangun, Tebo, Kuamang dan Tanjung Jabung), Jawa, Kerinci, Minangkabau, Anak Dalam, Banjar, Sunda dan Bugis.
Bengkulu 
Bengkulu didominasi oleh etnis Rejang yang disusul oleh etnis Jawa, Melayu (Bengkulu), Serawai, Lembak, Minangkabau, Sunda, Muko-muko, Pekal, Pasemah, Kaur dan Enggano.
Sumatera Selatan
Sumatera Selatan yang beribukota di Palembamg merupakan pusat dari kerajaan Sriwijaya yang menguasai bagian barat Nusantara. Sumatera Selatan didominasi oleh etnis Melayu (Palembang, Penesak dan Lintang), Jawa, Musi, Ogan, Komering (Ilir dan Ulu), Gumai (Gembak, Ulu dan Talang), Semendo, Kayu Agung, Lematang, Sekayu, Rawas, Banyuasin, Sunda, Pasemah, Batak (Mandailing dan Toba), Lampung, Lubai dan Rambang.
Bangka Belitung
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didominasi oleh etnis Melayu (Bangka, Belitong), Jawa, Lom, Sekak, Bugis, Batak dan Minangkabau. 
Lampung 
Tanah Lampung saat ini didominasi oleh etnis Jawa yang disusul oleh etnis Lampung (Saibatin dan Pepadun), Komering, Sunda, Minangkabau, Batak dan Bali.
 Jawa
Jawa merupakan pulau terpadat di dunia bahkan di dunia hampir 50 persen penduduk Indonesia atau lebih dari 100 juta orang tinggal di pulau Jawa. Jawa terdiri dari 5 provinsi yaitu:
Banten
Tanah Banten dmerupakan pecahan dari provinsi Jawa Barat. Banten didominasi oleh etnis Banten yang merupakan sub etnis dari etnis Sunda, Jawa, Betawi dan Baduy (Luar dan Dalam)
DKI Jakarta
Jakarta merupakan Ibukota dari negara Indonesia. Jakarta meupakan Tanah Betawi akan tetapi saat iniJakarta didominasi oleh etnis Jawa yang disusul oleh etnis Betawi,Sunda dll.
Pengantin Betawi (weddingku.com)
Jawa Barat
Tanah Parahyangan atau Tanah Sunda merupakan nama lain dari Jawa Barat. Provinsi ini didominasi oleh etnis Sunda (Bandung, Sukabumi, Ciamis, Majalengka, Tsikmalaya dll) disusul oleh etnis Jawa, Betawi, Cirebon, Batak ,Baduy dan Minangkabau.
Jawa Tengah
Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi terpadat di Indonesia. Penduduk Jawa Tengah telah banyak bertransmigrasi ke Sumatera, Kalimantan, Papua bahkan ke Singapura dan Malaysia. Jawa Tengah didominasi oleh etnis Jawa yaitu Jawa Kedu (Magelang, Temanggung dan Wonosobo), Jawa Ngapak (Banyumas, Kebumen, Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga), Jawa Tegal (Tegal, Brebes dan Pemalang) Jawa Semarang (Semarang, Demak, Salatiga dan Kendal), Jawa Muria (Jepara, Rembang, Pati dan Kudus) Jawa Surakarta (Surakarta, Klaten, wonogiri, Boyolali, Sukoharjo dll) dan Sunda.
Pengantin Jawa Solo (Surakarta) (imgrid.net)
D.I. Yogyakarta
Yogyakarta didominasi oleh etnis Jawa (Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunung Kidul)
Jawa Timur
Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, tidak mengherankan jika penduduk Jawa Timur telah menyebar ke seluruh Indonesia bahkan Singapura dan Malaysia. Jawa Timur didominasi oleh etnis Jawa (Surabayayo, Malang, Kediri, Ponorogo, Lumajang, Tuban, Lamongan, Nganjuk, Pacitan, Ngawi dll) disusul oleh etnis Madura (Sampang, Bangkalan, Pamekasan ), Osing (Banyuwangi), Bawean, Samin dan Tengger.
Pengantin Osing (Banyuwangi)
Kalimantan 
Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga didunia yang dibagi oleh Indonesia, Malaysia dan Brunei. Kalimantan bagian Indonesia dibagi atas lima provinsi yaitu:
Kalimantan Barat
Kalimantan Barat didominasi oleh etnis Dayak (Iban, Mayuke, Kayung, Sum, Taba, Banjur, Benawas, Barai dll terdapat puluhan sub etnis Dayak di Kalimantan Barat) dan Melayu (Pontianak, Mempawah, Sambas, Kubu, Mempawah hulu, Bengkayang, Landak, Sanggau, Tayan, Sekadau, Melawi, Sintang, Kapuas, Kayong dan Ketapang), Jawa, Madura, Bugis, Batak, Banjar, Daya, Sebaruk, Seberuang, Sekadau, Sungkung, Suruk, Taman, Telaga.

 Tari Ngajat Dayak Iban
Kalimantan Tengah
Kalimantan Tengah atau disebut juga Dayak Besar didominasi oleh etnis Dayak (Ngaju, Bakumpai, Iban, Maanyan, Ot Danum, Punang, Sampit, Seru, Sebayau, Arut dll terdapat puluhan sub etnis Dayak di Kalimantan tengah) disusul oleh Jawa, Banjar, Melayu (Pantai) dan Madura.
Kalimantan Selatan
Provinsi yang dijuluki sebagai Tanah Banjar ini didominasi oleh enis Banjar (Kuala, Pahuluan dan Batang Banyu), disusul oleh etnis Jawa, Bugis, Dayak (Bakumpai, Meratus, Bawo, Abal, Lawangan, Maanyan, Beranggas, Dusun Peyah dan Ngaju), Madura dan Mandar.
 Pengantin Banjar (mahligai-indonnesia.com)
Kalimantan Timur
Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Provinsi ini didominasi oleh etnis Jawa, yang disusul oleh etnis Bugis, Banjar, Dayak (Modang, Kenyah, Kayan, Bahao dll terdapat puluhan sub etnis Dayak di Kalimantan Timur), Kutai (Kota Bangun dan Tenggarong), Toraja, Paser, Berau, Tidung, Bulungan, Bentian, Tunjung, Punan, Lawangan, Bawo, Aehong, Ulu, Sunda, Madura, Buton.
Kalimantan Utara
Kalimantan Utara adalah provinsi paling muda di Indonesia. Provinsi ini berbatsan langsung dengan negara bagian Sabah, Malaysia Timur. Kalimantan Utara didominasi oleh etnis Jawa disusul oleh etnis Bugis, Banjar, Dayak (Lun Bawang, Lun Dayeh, Kenyah, Murut, Agabag, Kayan, Tingalan dll) Tidung, Berau, Bulungan, Burusu, Kutai dan Suluk.
Nusa Tenggara Bagian Barat
Kepulauan Nusa Tenggara Bagian Barat terdiri atas tiga pulau utama yaitu pulau Bali, Lombok dan Sumbawa yang terbagi menjadi dua provinsi yaitu provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat. 
Bali
Pulau Bali yang berjulukan Tanah Para Dewa merupakan provinsi yang didominasi oleh etnis Bali yang disusul oleh etnis Jawa, Madura, Sasak dan Bali Aga.
Nusa Tenggara Barat 
Nusa Tenggara Barat yang terdiri atas dua pulau utama yaitu Lombok dan Sumbawa didominasi oleh etnis Sasak (Lombok) yang kemudian disusul oleh Mbojo (Bima, Donggo dan Dompu), Samawa dan Bali.
Pengantin Sasak (Lombok) (poetrafoto.com)
Sulawesi
Pulau Sulawesi terletak disebalah barat kepulauan Maluku, sebelah timur Kalimantan dan sbelah selatan Filipina. Sulawesi dibagi atas enam provinsi yaitu:
Sulawesi Selatan
Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan tingakat perekonomian yang baik di Indonesia. Sulawesi Selatan didominasi oleh etnis Bugis (Bone, Enrekang, Luwu, Sidenrengrapang, Pangkep, Wajo, Sinjai, Barru, Pinrang, Bulukumba, Soppeng dll) disusul oleh etnis Makassar (Makassar, Gowa, Bantaeng, Salayar, Takalar, Jeneponto, Maros, Bulukumba dll), Mandar Duri, Pattinjo, Pettae, Konjo, Selayar, Endekan, Kajan dan Toraja.
Pengantin Makassar (rahmatharis.com)
Sulawesi Barat 
Sulawesi Barat merupakan pecahan dari Sulawesi Selatan. Provinsi ini diominasi oleh etnis Mandar yang disusul oleh etnis Toraja (Mamasa), Pattae, Pannei, Pattinjo, Bugis dan Makassar.
Sulawesi Tenggara 
Provinsi yang beribukota di Kendari ini didominasi oleh etnis Tolaki, Buton, Muna, Jawa, Mekongga, Wolio, Moronene, Kabaena, Wawonii, Bajau dll.
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tengah merupakan provinsi dengan luas wilayah terbesar di Sulawesi. Provinsi ini didominasi oleh etnis Kaili yang disusul oleh etnis Bugis, Kulawi, Lore, Pamona, Mori, Bungkku, Saluan, Balantak, Mamasa, Taa, Tomini, Buol, Toli-toli dll terdapat puluhan etnis di Sulawesi Tengah.
Gorontalo
Gorontalo didominasi oleh etnis Gorontalo disusul oleh etnis Suwawa, Bolango, Atinggola, Bolaang Mongondow dan Sangir.
Pengantin Gorontalo (mahligai-indonesia.com)
Sulawesi Utara
Provinsi Sulawesi Utara berbatasan dengan Filipina di Utara. Provinsi ini didominasi oleh etnis Minahasa (Manado, Tomohon, Bantik, Borto, Ratahan, Tonsawan, Toulor dll) disusul oleh etnis Bolaang Mongondow, Talaud, Sangihe, Gorontalo, Siau, Tombulu, Bajo, Jawa, Ternate dll. 
Sedangkan ras Melanesia menghuni bagian Timur kepulauan Indonesia yang meliputi Kepulauan Nusa Tenggara bagian Timur, Kepulauan Maluku dan Pulau Papua.
Kepulauan Nusa Tenggara Timur 
Kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan satu kesatuan yang membentu perovinsi Nusa Tenggara Timur. Provinsi ini didominasi oleh etnis Timor, Flores, Sumba, Alor, Rote, Atoni, Bajawa, Tetun, Lamaholot, Manggarai, Ende, Kemang, Ngada dll. Terdapat puluhan etnis di kepulauan Nusa Tenggara Timur.
Pengantin Rote
Kepulauan Maluku
 Kepulauan Maluku merupakan salah satu kepulauan yang sangat besar di Indonesia Timur. Kepulauan ini terdiri atas dua provinsi yaitu Maluku dan Maluku Utara.
Maluku 
Maluku merupakan salaah satu provinsi kepuluan di Indonesia. Provinsi ini didominasi oleh etnis Alifuru, Ambon, Bacan, Kei, Aru, Banda, Buru, Gane, Goram, Loda, Moa, Seti dll. terdapat puluhan etnis di provinsi Maluku.
Maluku Utara
Kepulauan Maluku Utara memiliki sejarah yang sangat panjang sebagai kekuatan terbesar di Indonesia Timur. Provinsi ini didominasi oleh etnis Ternate, Tidore, Jailolo, Madole, Pagu, Makian, Kao, Buli, Patani, Maba, Sakai, Kadai dll, terdapat puluhan etnis di Maluku Utara.
Pengantin Ternate (weddingku.com)
Papua
Papua merupakan pulau terbesar kedua i dunia yang dibagi oleh Indonesia dan Papua Nugini. Papua adalah salah satu pulau besar di Indonesia. Pulau bagian Indonesia dibagi atas dua provinsi yaitu:
Papua Barat
Papua Barat adalah provinsi yang diilhami dengan keberagaman dan keindahan alam yang dimilikinya. Provinsi ini didominasi oleh etnis Jawa, Bugis, Makassar, Buton, Minangkabau, Sunda, Arfak, Doreri, Kur, Simuri, Irarutu, Sekar, Tehit dll terdapat puluhan suku di Papua Barat.
Penari Papua di Festival Raja Ampat (wisatalagi.co.id)
Papua
Papua merupakan provinsi paling Timur di Indonesia. Provinsi ini didominasi oleh etnis Jawa, Bugis, Makassar, Buton, Sunda, Asmat, Dani, Arfak, Amungme, Damal, Yali, Huli, Korowai, Sentani dll terdapat puluhan etnis di Papua.

Keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia merupakan suatu anugerah yang harus kita lestarikan. Bangsa Belanda menyebut Indonesia sebagai Permata Khatulistiwa, catatan India dan Cina kuno menyebut Indonesia sebagai Tanah emas dan kepulauan emas sedangkan Bangsa Arab menyebut Indonesia sebagai Miracle Country (Nagara Ajaib), hal ini disebabkan karena persatuan Indonesia didalam keberagamannya.

Komentar

  1. thank infonya sangat bermanfaat, kunjungi http://bit.ly/2D2nTUD

    BalasHapus
  2. Buruan Gabung Bersama Kami Di Winning303 Hanya Dengan 1 Akun Kalian Dapat Bermain Berbagai Macam Permainan Online !!

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :
    - WA : +6281717177303
    - BBM : WINNING303
    - LINE : WINNING303

    BalasHapus
  3. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia