Hubungan, Budaya dan Fakta Antara Indochina dan Indonesia di Masa Lampau dan Masa Kini




Indochina merupakan salah satu semenanjung terbesar di Dunia yang terletak di kawasan daratan Asia Tenggara. Semenanjung ini terbagi menjadi beberapa negara yaitu Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Malaysia bagian Barat dan Singapura.  Indochina berbatasan dengan samudera Hindia, India, Bangladesh, Cina, Laut Cina Selatan, Selat Malaka dan Kepulauan Indonesia. 
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di Dunia. Indonesia terletak di Asia Tenggara Maritim atau kepulauan. Indonesia berbatasan secara langsung dengan Malaysia di pulau Kalimantan, Timor Leste di pulau Timor, Papua nugini di pulau Papua. Selain itu Indonesia berbatasan dengan beberapa negara di wilayah lautan/perairan seperti dengan India dan Thailand di laut Andaman, Malaysia di Selat Malaka, Singapura di selat Singapura, Malaysia, Kamboja, Thailand dan di Laut Cina Selatan, Filipina dan Palau di samudera Pasifik serta dengan Australia di Samudera Hindia. 

Persamaan Indochina dengan Indonesia
Geografis   

      Secara geografis antara Indochina dan Indonesia merupakan wilayah yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Dimana Indochina merupakan wilayah Asia Tenggara yang terletak di mainland/daratan sedangkan Indonesia merupakan wilayah yang terletak di Asia Tenggara Maritim/kepulauan. Negara-negara yang terletak di Indochina dan Indonesia melakukan kerjasama kawasan dengan membentuk ASEAN.



·         Populasi
           Populasi Asia tenggara yang tinggal di Indochina yaitu sekitar 265 juta dan berdasarkan sensus penduduk tahun 2017, jumlah penduduk Indonesia sejumlah 262 juta. Dari sini dapat diketahui bahwa jumlah penduduk Indochina dan Indonesia hampir sama.
·        Budaya 
           Indochina dan Indonesia merupakan wilayah yang sama-sama kaya akan suku bangsa, bahasa dan budaya. Etnis utama di Indochina adalah etnis Thai, Burma, Lao, Khmer, Viet dan Melayu sedangkan etnis utama di Indonesia adalah Jawa, Sunda, Madura, Bugis, Melayu, Batak, Minangkabau, Bali, Sasak, Makassar dll. Budaya yang terdapat di Indochina dan Indonesia memiliki kesamaan yaitu dipengaruhi oleh budaya Cina dan India yang telah disesuaikan dengan kearifan lokal. Budaya-budaya yang ada di Myanmar, Thailand, Laos dan Kamoja memiliki kesamaan dengan budaya yang ada di kepulauan Indonesia terutama dengan budaya yang berada di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi. Kesamaan ini terutama dapat dilihat dari pakaian maupun tari-tarian. 

 Candi-candi dan peradaban kuno 
           Wilayah Indochina terutama Kamboja, Thailand, Myanmar dan Vietnam memiliki kesamaan dalam segi candi-candi kuno dan perdaban kuno dengan Indonesia. Karena di masa lampau, kerajaan yang ada di Kamboja, Thailand, Myanmar, Vietnam dan Indonesia berlomba-lomba untuk membangun berbagai macam monumen, candi maupun istana yang diperuntukkan untuk dewa, raja maupun rakyat. Candi Borobudur di Jawa Tengah memiliki kesamaan dengan candi Bayon di Kamboja. Candi Prambanan memiliki kesamaan dengan candi Angkor di Kamboja dan candi Ayutthaya di Thailand. Candi Plaosan memiliki kesamaan dengan candi Bagan di Myanmar dll.
 Candi di Indochina: Ayutthaya (Thailand), Bayon (Cambdoia) dan Bagan (Myanmar).

·       Candi Prambanan, Sewu dan Borobudur di Indonesia
            
     Perekonomian
             Indochina dan Indonesia merupakan wilayah dengan perekonomian yang masih membangun atau negara yang membangun kecuali Singapura. Singapura bersama dengan Brunei merupakan negara yang tergolong maju di Asia Tenggara.
Perbedaan antara Indochina dengan Indonesia
·         Agama
            Perbedaan yang paling mendasar antara Indochina dengan Indonesia adalah dari segi Agama. Walaupun pada dasarnya keberagaam agama terjadi di kedua wilayah namun agama mayoritas di Indochina adalah Budha. Agama Budha dianut terutama oleh penduduk Thailand, Myanmar, Kamboja, Laos, Vietnam, Singapura dan terdapat minoritas besar penganut agama Budha di Malaysia. Sedangkan agama mayoritas di Indonesia adalah Islam yang dianut oleh hampir 90 persen penduduk.
·         Sistem pemerintahan
            Sistem pemerintahan baik di Indochina maupun Indonesia memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Bahkan antara sesama negara Indochina pun memiliki sistem pemerintahan yang berbeda-beda. Mayoritas negara-negara Indochina masih menganut sistem Monarki/kerajaan seperti Thailand, Kamboja dan Malaysia. Negara dengan sistem satu partai/sosialis yaitu Vietnam dan Laos. Singapura berbentuk republik parlementer ssedangkan Myanmar dan Indonesia menganut sistem republik presidensil.
·         Geografis
            Walaupun pada dasarnya Indochina dan Indonesia terletak di satu kawasan Asia Tenggara namun Indochina terletak di daratan Asia Tenggara yang menyatu dengan Asia sedangkan Indonesia merupakan negara transkontinental yang secara geografis terletak di kepulauan Asia Tenggara dan sebagian terletak di Oceania secara politik yaitu pulau Papua, kepulauan Maluku dan kepulauan Nusa Tenggara bagian Timur.

      Hubungan Indochina dan Indonesia Dari Masa Lampau Sampai Saat Ini

           Dimasa lampau, Indochina dan Indonesia dihuni oleh puluhan kerajaan yang antara satu dengan yang lainnya saling berperang untuk memperebutkan wilayah keukasaan maupun perdagangan. Di Indochina seringkali terjadi peperangan antar kerajaan untuk memperebutkan wilayah Indochina. Peperangan tersebut seperti perang antara Burma (Myanmar) dan Ayutthya (Thailand), Siam (Thailand) vs Khmer (Kamboja), Khmer (Kamboja) vs Champa (Vietnam Selatan) dll. Kerajaan di Indonesia pun melakukan hal yang sama dimana seringkali terjadi peperangan untuk mempertahankan kekuasaan dan untuk mendapatkan wilayah kekuasaan seperti Sriwijaya vs Melayu di Sumatera, Majapahit vs Demak di Jawa, Gowa-Tallo (Makassar) vs Bone (Bugis) di Sulawesi dll. 

           Hubungan antara Indochina dan Indonesia di masa lampu terekam dalam berbagai macam kitab kuno maupun prasasti yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Thailand dan Kamboja. Dalam sebuah prasasti di Kamboja disebutkan bahwa raja Khmer (Kamboja) ditawan di Istana raja Jawa dan kerajaan Khmer berada dibawah kendali kerajaan Jawa. Dikabarkan bahwa Putra Mahkota kerajaan Khmer menuntut ilmu di istana Jawa. Setelah uPtra Mahkota kembali ke Khmer, Putra Mahkota memerdekakan dirinya dari Jawa dan membangun kembali Khmer menjadi super power di Indochina.
      
            Pada abad ke-8, kerajaan Khmer dan beberapa kerajaan di Thailand Selatan seperti Langkasuka, Pattani, Negara Sri Dharmaraja dll berada dibawah kekuasaan kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang. Prasasti Ligor di Thailand Selatan yang merupakan prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya menyebutkan bahwa raja Sriwijaya telah mendirikan trismaya caitya untuk kajara. 

            Pada abad ke-14, bagian Selatan Indochina seperti Langkasuka, Pattani dan beberapa kerajaan kecil di Thailand Selatan serta seluruh kerajaan yang berada di Malaysia berada dibawah kendali Majapahit. Sedangkan kerajaan Siam (Thailand bagian Tengah), (Ayutthaya, Thailand), Darmanagari (Nakhon Si Thammarat, Thailand Selatan), Rajapura (Ratchaburi, Thailand), Singanagari (Songkhla, Thailand Selatan), serta Khmer (Kamboja), Yawana (Annam/Vietnam Utara), Champa (Vietnam Selatan) dan Marutma (Mottama/Myanmar) menjadi negara sahabat Majapahit.

           Pasca kolonialisme negara-negara Indochina dan Indonesia berusaha untuk membuat hubungan yang baik dengan mendirikan ASEAN dan berjuang bersama untuk kemajuan ASEAN. Saat ini, negara-negara Indochina merupakan negara sahabat Indonesia dan menjadi salah satu mitra penting Indonesia baik dalam perekonomian maupun yang lainnya. 

Beberapa Fakta antara Indochina dan Indonesia
  • ·     Candi dan kompleks candi terbesar di Dunia terletak di Indonesia dan Kamboja. Walaupun agama Hindu dan Budha berasal dari India, namun candi dan kompleks candi terbesar di Dunia terletak di Asia Tenggara yaitu Candi Borobudur di Indonesia dan kompleks candi Angkor di Kamboja.
  • ·      Sungai terpanjang di Indochina adalah Sungai Mekong yang mengalir dari Cina, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam lalu bermuara di Laut Cina Selatan. Sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas yang terletak di Kalimantan Barat.
  • ·        Kota terbesar di Indochina adalah kota Bangkok di Thailand dengan populasi lebih dari 8 juta jiwa sedangkan kota terbesar di Indonesia adalah Jakarta dengan populasi lebih dari 10 juta jiwa.
  • ·         Gunung tertinggi di Indochina adalah gunung Hkakabo Razi di Myanmar sedangkan gunung tertinggi di Indonesia adalah gunung Jayawijaya di Papua. Gunung Jayawijaya menjadi salah satu dari 7 summits atau 7 gunung tertinggi di Dunia. Gunung Jayawijaya digabungkan ke region Oceania dan menjadi gunung tertinggi di wilayah Oceania.
  • ·         Etnis terbesar di Indochina adalah Etnis Viet dengan populasi lebih dari 72 juta jiwa sedangkan etnis tebesar di Indonesia adalah etnis Jawa dengan populasi lebi dari 95 juta jiwa.
  •     Kota tertua di Indochina adalah Hanoi yang berusia 1562 tahun sedangkan kota tertua di Indonesia adalah kota Palembang yang dibangun pada tahun 604 Saka (683 Masehi) oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa sebagai ibukota kerajaan Sriwijaya. Usia kota Palembang saat ini adalah 1335 tahun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kapal Kuno Borobudur Sebagai Bukti Nenek Moyang Bangsa Indonesia Adalah Pelaut Ulung

Kerajaan Melayu Salah Satu Kerajaan Awal di Sumatera

Arca Budha Tertua di Indonesia